sinopsis AS ABOVE, SO BELOW

As Above, So Below



Sebenarnya dari gambar nya film ini gak meyakinkan kalau ini film horror, tapi kalau sudah nonton, apalagi kalau berani nonton sendirian terus pakai headset atau suara yang keras, dijamin, merinding gan, ni film

Film ini mengingatkan saya akan film Blair witch project, yaitu pertama kalinya saya nonton film dengan sudut pandang first person view apalagi filmnya film horror pasti bakal jadi memori yang indah banget :) . Nah, film ini juga menggunakan teknik kamera yang sama, yang seakan hendak memberi kesan kita sendiri yang mengalami peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Film ini dimulai, dengan ketegangan Scarlett Marlowe seorang profesor muda arkeolog yang mencari prasasti zaman dulu di gua yang akan dihancurkan oleh pemerintah setempat (Iran), penampakan pertama hantu ini dimulai disini, scarlet menemukan ayahnya yang juga arkeolog yang digantung saat dia melarikan diri dari gua yang hendak dihancurkan.

Setelah selamat dr gua yang dihancurkan scarlett kembali ke Paris membawa petunjuk yang didapat dari Iran tersebut untuk memburu batu bertuah yang dipercaya bisa merubah logam menjadi emas dan membuat hidup menjadi abadi, batu bertuah ini dibuat oleh Nicolas Flamel dan konon yang menghendaki batu bertuah ini akan berakhir dengan kematian, begitulah yang terjadi dengan ayah Scarlett.

Setelah mencari temannya george dan membobol sebuah museum akhirnya scarlett mendapat petunjuk bahwa kini ia harus turun ke perut bumi dibawah makam Flamel sedalam 370.5 kaki melalui catacomb (katakombe) yaitu  kuburan massal di bawah tanah Paris yang terdapat 6 juta mayat.

Setelah mengikuti tour bawah tanah Scarlett mendapat petunjuk dari seseorang (atau sesuatu... hiii orgnya menghilang setelah ngasih petunjuk)  ke Le Showcase untuk menemui Papillon yang akan mengantarkan ke area terlarang di katakombe. Dengan diimingi untuk mendapatkan harta karun akhirnya Papillon pun setuju untuk membawa Scarlett, Benji dan George ke daerah terlarang katakombe bersama tim nya Souxie dan Zed. Perjalanan hidup mati ke katakombe pun dimulai, dan disinilah saatnya agan bersiap kaget dan bergidik, naikkan volumenya gan.. !! ^_^ .

Firasat buruk dari kameramen Benji dan George yang ogah-ogahan  menyusuri katakombe karena phobia dengan gua, karena adiknya mati tenggelam di gua, menghiasai awal petualangan mereka memasuki katakombe, Scarlett begitu ngotot untuk memasuki kuburan massal ini untuk mendapatkan batu bertuah yang juga diburu ayahnya.

Didalam katakombe ternyata sudah ada orang yang kemungkinan besar adalah penganut sekte tertentu yang sedang melakukan ritual, pemimpin sekte itu adalah wanita yang pernah dilihat Benji di cafe saat menemui Papillon.

Setelah melalui ruang ritual Scarlett dan teman-teman harus merangkak melalui gua sempit berisi rangka-rangka manusia karena Papillon dan temannya tidak mau melalui jalan pintas yang terdapat di peta Scarlett, dikarenakan jalan yang akan dilalui Scarlet menurut Papillon adalah jalan yang terlarang orang akan masuk kesana dan tidak akan bisa keluar lagi. "It's a Bad place .." kata Zed.

Papillon pun bercerita bahwa ada temannya bernama La Taupe yang hidup dalam terowongan bertahun-tahun yang mengenal katakombe itu dan dia tidak mau melalui terowongan atau jalan yang dimaui oleh Scarlett, kata Papillon La Taupe terpaksa harus melihat terowongan itu dan semenjak itu, La Taupe menghilang tidak diketahui kabarnya lagi.

Perjalanan melalui terowongan kecil yang penuh dengan tulang belulang ini tidak semudah yang dikira, Benji yang mendapat giliran terakhir sempat panik karena terjepit di dalam terowongan yang berisi tulang belulang manusia itu. Benji tambah panik pada saat terowongan mulai runtuh dan berada di belakang Benji, Dengan perjuangan akhirnya Benji berhasil keluar disaat terowongan tempat mereka masuk pun rubuh, tak ada lagi jalan pulang, Dan ternyata terowongan terlarang yang Scarlett hendak masuk, ada di hadapan mereka lagi. Karena tidak ada jalan lagi, mereka pun terpaksa harus melalui terowongan terlarang tersebut.

Benji yang merangkak diatas tulang belulang manusia

Didalam terowongan terlarang, yang menurut Papillon belum pernah ia lalui terdapat tanda khusus yang biasa dibuat Papillon sehingga teman-temannya tidak percaya pada dia. Saat perdebatan dimulai, diujung terowongan terdengan bunyi telephone (creeepyyy....hiii ), setelah menemukan telephone nya, Scarlett memberanikan diri untuk mengangkatnya. Dan memang telephone itu ditujukan untuk scarlett, dan tidak diketahui siapa yang menelphone dirinya, diasumsikan bahwa yang menelpon tersebut adalah ayahnya yang sudah meninggal.

Setelah kejadian telephone muncullah La Taupe teman Papillon yang hilang, ternyata selama ini dia ada diterowongan terlarang itu. LaTaupe pun mengajak mereka semua mengikuti dia, menuju jalan keluar. " The Only way out is down .." kata La Taupe. La Taupe pun menunjukkan sebuah sumur dalam berjarak 20 meteran yang berada dalam terowongan dan juga menurut Scarlett sumur inilah jalan untuk menemukan tempat rahasia dimana harta karun dan batu bertuah itu ada, dan juga merupakan jalan keluar mereka satu-satunya dari katakombe itu.

Terror-terror asli dimulai disini, dan tampaknya La Taupe mengarahkan mereka pada sesuatu yang menyeramkan karena menurut dia, dia pun tidak mengetahui jalan keluarnya lagi. Tetapi di ujung terowongan ini Scarlett dan George menemukan petunjuk dan berhasil memasuki ruangan rahasia yang dicari.

Ruangan tersebut berisikan mayat seorang penjaga yang tidak membusuk dan juga terdapat petunjuk untuk Scarlett untuk menuju kebawah lagi untuk menemukan batu bertuah, Ternyata petunjuk mengarah ke ruangan lain dimana mereka harus menyelam dan muncul di ruangan lain yang penuh dengan harta karun dan juga terdapat batu bertuah tersebut.

Papillon dan kawan-kawan yang senang mendapatkan harta karunnya tidak menyadari bahwa mengambil harta karun tersebut adalah sebuah jebakan. Langit-langit pun runtuh menimpa mereka, beruntunglah mereka selamat dari reruntuhan, Souxie yang menderita luka karena tertimpa batu ternyata bisa disembuhkan dengan batu bertuah yang telah ditemukan oleh Scarlett.

Dalam ruangan harta karun yang tertimbun tersebut kini mereka harus mencari jalan keluar lain, dengan teori as above so below Scarlett mereka menemukan jalan keluar nya yakni menuju ke bawah lagi, setelah dibawah mereka menemukan sebuah tulisan " abandon all hope, he who enter here" yang menurut mitologi ini adalah tulisan diatas gerbang neraka. Setelah mengumpulkan keberanian mereka pun masuk kedalam gerbang tersebut, dan ternyata mereka keluar diruangan yang mirip dengan ruangan harta karun sebelumnya, dan pintu masuk yang telah meraka lalui ternyata telah tertutup.

Sepeti diruangan sebelumnya mereka pun harus menyelam menuju ruangan lain, dan menemukan La Taupe yang berada diruangan itu, Sayangnya La Taupe bukan lah La Taupe pertama yang mereka temui, La Taupe membunuh Souxie dengan membenturkan kepala Souxie ke lantai batu.

Perjalanan pulang mereka tetap dilanjutkan, tidak ada waktu untuk berkabung atas kematian Souxie, perjalanan pulang mereka mirip saat perjalanan mereka masuk hanya kini mereka harus masuk lebih dalam lagi ke perut bumi.

Mereka kembali harus menuruni sumur yang mirip dengan sumur pertama, tapi kali ini harus dibayar mahal, Benji dijatuhkan oleh sesuatu dari atas, sehingga terjun ke dasar sumur.Satu persatu mereka diteror, kali ini George yang melihat adiknya yang tenggelam saat merangkak dijalan keluar yang penuh tulang belulang. Lalu kemudian teror menimpa Papillon yang berakhir dengan kematiannya. Badannya ketarik oleh dimensi lain dan tiba-tiba tinggal kakinya tertanam di tanah.. hiiiii.

Kini hanya tinggal Scarlett, George dan Zed yang tersisa untuk melalui lorong terror ini. Menyusuri lorong ini suasana benar-benar mencekam, gak mungkin kalian yang berani nonton sendiri gak akan kaget melalui menit-menit ini, hehe..

Setelah kematian Papillon kini kembali giliran George yang mengalami teror, dia digigit di leher oleh mahkluk yang keluar dari tembok, dan ternyata batu bertuah tidak dapat menyembuhkan George yang terluka. Menurut Scarlett dia tidak mengambil batu bertuah yang benar dan harus kembali ke ruangan dimana ia mendapatkan batu bertuah tersebut, bayangin gan..kalo agan disuruh balik kembali kelorong, kesumur dan lain-lain yang gak mungkin lepas dari teror, penampakan, dan lain-lain,,hiii.. hehe untung cuma film, dan Scarlett doang yang berani.

Maka berlari lah scarlet kembali menyusuri lorong-lorong gelap yang dipenuhi makhluk yg berasal dari tembok, kembali memanjat sumur tempat Benji jatuh, tercebur di kolam darah, singkat cerita Scarlett si wanita pemberani ini kembali ke George dan Zed dan berhasil menyembuhkan George.

Saat kembali mencari jalan keluar mereka dihadapkan jalan buntu dan sumur yang dalam, dan Scarlett meminta mereka meloncat ke dalam dengan sebelumnya mengakui kesalahan mereka yang selalu menghantui diri masing-masing. Setelah itu mereka pun loncat bersama-sama ke dalam sumur yang dalam dan akhirnya mereka tiba di suatu tempat kecil yang hanya ada ujung sumur diatas mereka, dan dibawah mereka sebuah tutup selokan.

Dengan daya upaya mereka mencoba membuka tutup selokan itu, tetapi tidak bisa, tetapi secara tidak sengaja Scarlett mendorong kebawah tutup selokan dan bisa dibuka, dan akhirnya mereka dapat membuka tutup selokan tersebut, dan ternyata mereka telah keluar dari katakombe dan keluar melalui lubang selokan di salah satu jalan di Paris.
Weird dan amazing ending,

Last Escape
 Scarlett , George dan Zed lah para survivornya.




Not bad movie untuk yang cari hiburan sambil memompa andrenalin hehe..

My Rating

Story: *****
Fright: *****
Gore: **
Overall: 5/5

Watch Online:
Tonton online As Above So Below, link 1
Tonton online As Above So Below, link 2



sinopsis AS ABOVE, SO BELOW sinopsis AS ABOVE, SO BELOW Reviewed by anatama2104 on 1:50 PM Rating: 5

44 comments:

  1. Yap, film nya seru, meskipun gw nonton nya sambil baca artikel ini :v

    ReplyDelete
  2. Baru nonton di GTV 10 menit yg lalu :v....masih bingung deh...itu mereka beneran keluar dari neraka ato masih terjebak di neraka tapi dengan suasana di Paris ??...lalu batu bertuah nya kemana?? Well siapa yang tahu? :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batu betuah ya dibalikkan ketempatnya pas dia cari ternyata ada cermin gtu. Kayaknya kuncinya dari dirinya sendiri (scarlet) makanya pas balik dya peluk ayahnya

      Delete
    2. Berarti sebenernya yang scarlet ambil itu sudah benar baru bertuah? Lalu harus dikembalikan gitu? Setelah George bilang soal VITRIOL itu kan Scarlet kembali untuk meletakkan batu ke asalnya untuk mencari batu tersembunyi yang ternyata dia ketemu cermin. Jadi batu tersembunyi = cermin?

      Delete
  3. Baru nonton tdi
    Seru juga
    Sempet dibuat bingung
    Tpi seru pokoknya horrornya joss

    ReplyDelete
  4. Saya penikmat movie horror & saya nonton film ini sendirian. Just alone.
    Hhmm..not bad. Ini movie berkualitas 👍

    ReplyDelete
  5. Iya baru nonton d Gtv, seru filmnya tp ko jd kebalik ya? Kaya ada di dua dunia gitu

    ReplyDelete
  6. Berani"n nonton ini sendiri dengan keadaan lampu mati, gua fikir ini film selalu munculin setan" yg srem, eh tryanta enggk, cman menegangkan si, tpi ending.a krang gmn gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Good film, tapi sayang endingnya mereka gk dapat apa" setelah kluar dari tempat itu ..

    ReplyDelete
  8. Gw jg nonton di GTV..asli keren ini film ,,tegang .bner2 bkin kita kaya lg ada disitu . Dan setelah film selesai,gw pusing dan malah pngn muntah .krena pengambilan gambar yg pake handshoot itu..

    ReplyDelete
  9. Yang sedihnya karna gua pas mau lihat ending ya mala sponsor terus gua ganti channel bentar pas balik lagi ke global tv malah buletin news malam. Gak sempat liat ending ya sesak gua. Gua pikir gak ada yang selamat tu orang

    ReplyDelete
  10. Apalah daya diriku ini....
    Yg bru nonton sekarang di GTV 😂😂😂😂😂😂

    ReplyDelete
  11. kirain film teka teki..
    ternyata oh ternyata 😣😣

    ReplyDelete
  12. Aaya juga gak sengaja pindah channel trs liat film ini. Kayaknya seru, tp saya nonton pas ada telpon. Lsg saya cari tau film apakan ini dengan mode FPP...

    ReplyDelete
  13. Mantap ni film gua nonton sendiri
    👍👍👍

    ReplyDelete
  14. Kelamaan nontonnya coz udah jam 01 di gtv, jd baca sinopsisnya aja yg lengkap disini.

    ReplyDelete
  15. Hahaha w jga baru lese nntn hari ini😂

    ReplyDelete
  16. Endingnya ko gt sih. Kaya anti gravitasi gitu ya di perut bumi nya. Puyeng dah

    ReplyDelete
  17. Awalnya gak ngeh alur cerita tentang film ini,dan setelah Googling sekalian nonton jadi paham

    ReplyDelete
  18. Sial gak sengaja nonton film horror...

    ReplyDelete
  19. Kurang jelas filmnya karena kameramenya banyak gerak dan mati lampu kamera nya,tapi horor juga film sempat bulu kuduk merinding������

    ReplyDelete
  20. Awalnya gak ngeh alur cerita tentang film ini,dan setelah Googling sekalian nonton jadi paham

    ReplyDelete
  21. Awalnya gak ngeh alur cerita tentang film ini,dan setelah Googling sekalian nonton jadi paham

    ReplyDelete
  22. Aslina rieut nempo film ieu alias teu puguh jangar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk geus mang tong dipikiran, sarekeun we ayeuna mah

      Delete
    2. Wkwkwkwk... tong hilap bodrex mang...

      Delete
  23. Baru habis nonton sambil hujan gede banget lagi nontonya serem pokoknya serasa ada disana dan sesak nafas hehe

    ReplyDelete
  24. Baru nonton barusan di GTV aku ada bagian yg gak paham akhirnya aku coba baca diinternet, disini sinopsisnya lengkap banget tp belum bisa menjawab kebingunan saya tentang wanita yg disyuting sama beberapa part yg didalam gua

    ReplyDelete
  25. Wkwkwkw sama baru nonton sekarang ����

    ReplyDelete
  26. Kejebak difilm ini sendirian..GTV hadeuh ngaco seremnya bkin kaget, awal dikira beneran ttg Arkeolog berbau perang²an,tp keren lah mengajarkan untuk tdk terlarut dlm penyesalan dan penasaran yg dalam kejebak aja kan?!Alur mundur pk handshot seolah sy yg cerita&ambil gambar.,alhasil ngantuk. Good job scarlett prof nekad👍

    ReplyDelete
  27. konsep filmnya bikin bingung, harus nonton lagi biar ngeh. masih bingung itu endingnya kok kaya kebalik nglawan gravitasi ya

    Btw ini thread udah 4 tahun. lg rame lg sekarang (^^♪

    ReplyDelete
  28. Pas liat endingnya kok saya mikir gk ada gravitasi ya

    ReplyDelete
  29. Iya sama,baru ntn juga����

    ReplyDelete
  30. Seru sih, tapi membingungkan... Jadi nonton sambil Googling sinopsis film ini.. ahahaha

    ReplyDelete

300 kedua
Powered by Blogger.