Sinopsis The Babadook

THE BABADOOK



Film di awali dengan mimpi buruk dari seorang Ibu bernama Amelia, mimpi buruk tersebut adalah pengalaman pahit akan kehilangan suaminya di dalam kecelakaan mobil, Amelia sangat terpukul atas kematian sang suaminya Oscar.

Permasalahan Amelia ditambah dengan Anaknya Samuel yang sering bermimpi buruk bahwa ada seseorang yang bersembunyi di dalam lemarinya. Samuel bukanlah anak biasa, dengan adanya perasaan bahwa monster selalu mengganggunya Samuel ahli dalam membuat senjata-senjata bahkan Samuel membawanya ke sekolah, sehingga membawa lagi masalah bagi sang Ibu, dan Samuel di vonis mempunyai permasalahan atas kelakuannya.
Sang adiknya Amelia, yakni Claire pun mengetahui permasalahan kelakuan Samuel sehingga anaknya tidak mau merayakan ulang tahunnya bersama Samuel.

Suatu malam, seperti kebiasaan Amelia membacakan cerita untuk Sam, maka malam itu pun Amelia akan membacakan cerita tetapi Sam boleh memilih buku yang akan dibacakan, Sam memilih buku besar berwarna merah yang seingat Amelia mereka tidak mempunyai buku itu.

Sebentar saja Amelia membaca buku tersebut, sudah terlihat bahwa cerita buku itu sangat menyeramkan, buku itu menceritakan sesuatu yang akan menjadi teman, yang bertempat tinggal di lemari, dan dia bernama Mister Babadook, apabila lemari berbunyi baba dook, dook, dook itu tandanya dia ada disekitar. Gambar menyeramkan yang ada di buku dan kelakuannya yang akan mendatangi tiap malam membuat Sam menjadi histeris dan menangis.


Cerita dari Babadook ini, kini telah menghantui Samuel, dia yakin bahwa monster yang selama ini ada di dalam mimpi buruknya adalah dia, dia menakuti sepupunya sehingga Claire adik Amelia semakin marah dengan kelakuan Samuel. Samuel terus meyakinkan ibunya bahwa dirumahnya ada Mister Babadook.

Kejadian-demi kejadian akhirnya Amelia memutuskan merobek-robek buku Babadook dan membuangnya di tempat sampahnya. Kehidupan sosial dan kejiwaan Amelia pun mulai terpengaruh, kekurangan tidur dan juga stress memikirkan kehilangan suami dan kelakuan anaknya. Bahkan dia meminta obat tidur buat anaknya agar Amelia bisa menenangkan dirinya.

Tapi pada akhirnya Amelia pun bertemu dengan Babadook di suatu malam saat akan tidur di kamar tidur Sam. Keadaan Amelia makin parah dia tidak bisa tidur, wajahnya makin lesu karena kekurangan tidur, gampang marah menjadi perilakunya saat-saat ini. Bahkan saking ngantuknya Sam yang meminta makan pun, dibentaknya dengan ".. why don't you eat shit ..!!.." hee,,parah ya gan.., makanya jgn banyak begadang hehe.

Keadaan makin parah, Amelia bahkan berhalusinasi ada banyak kecoak di badannya saat dia mengemudi sehingga akhirnya dia menabrak mobil orang, pulang ke rumah pun dengan susah payah, hanya satu tujuan Amelia, yakni tidur. Tapi keinginanya untuk tidur dengan tenang tidak juga dia dapat, Sam terus menggangunya dan Amelia pun masih terbangun dengan suara-suara di mimpinya.

Sam yang meminta tetangga untuk datang menolongnya malah dimarahi habis-habisan, Sam kini malah takut pada ibunya dan Mister Babadook.  Antara sadar dan tidak sadar Amelia bertemu suaminya di Basement, namun Amelia akhirnya menyadari bahwa itu bukan sang suaminya saat dia bilang serahkan anaknya pada dia, Amelia berlari kembali ke dalam rumah dan sang Babadook akhirnya memunculkan dirinya dengan tangannya yang tajam.



Kondisi Amelia yang kepayahan akhirnya bisa dirasuki oleh Babadook, dia membunuh anjing Samuel dan juga mengejar-ngejar Samuel untuk dibunuhnya, Sam melawan balik, ia melawan ibunya dengan senjata yang ia ciptakan.

Hampir dicekik ibunya, Sam kembali melawan balik, ia menusuk kaki ibunya dengan pisau dan menjebaknya dan mengikatnya di basement, tapi sayangnya Sam hanyalah seorang anak kecil, Amelia kembali mencekiknya, tetapi dalam diri Amelia tapak terjadi peperangan antara Babadook yang ingin membunuh Sam dan Amelia yang mencintai anaknya.

Akhirnya Amelia dapat menyingkirkan Babadook yang merasuki dirinya, tapi walaupun begitu, Babadook belum pergi, dia melempar-lempar Sam kemana-mana, Amelia menantangnya menanyakan apa yang Babadook inginkan. Tiba-tiba dari gelap muncul sosok suaminya, yang berbicara saat-saat mereka terakhir bertemu, dan akhirnya suaminya terbelah kepalanya.... hiiiiii

Dari kegelapan kini muncul sosok sayap Babadook, Amelia yang sudah muak dengan semua ini berani melawan Babadook dengan berteriak mengusirnya, tampaknya usaha Amelia berhasil sayap Babadook menghilang dan muncul sosok pakaian Babadook yang jatuh ke lantai, saat Amelia akan menyentuh Babadook yang ada di lantai, sang Babadook lari kembali ke basement rumah.

Setelah itu situasi di film diceritakan tenang kembali, sang Ibu dan anak tampaknya sedang mengumpulkan cacing yang digunakan sebagai makanan yang diberikan untuk Babadook.

Asli ini menurut ane pribadi, ending filmnya kurang menggigit :(

My Rating

Story: ***
Fright: ****
Gore: *
Overall: 3/5



Sinopsis The Babadook Sinopsis The Babadook Reviewed by anatama2104 on 8:57 PM Rating: 5

3 comments:

  1. Yep. saya juga merasa endingnya kurang menggigit mungkin terbiasa melihat horror dengan ending penuh kematian orang.

    ReplyDelete
  2. The power of emak emak tinggal teriak hantunya ciut

    ReplyDelete
  3. Cerita nya GAK SESUAI SAMA YANG SAYA MAU jadi yaaa BAD MOVIE dari saya untuk film ini ,,

    ReplyDelete

300 kedua
Powered by Blogger.