Sinopsis The Woman In Black

THE WOMAN IN BLACK




Sebelum menonton The Woman In Black 2, yang pasti agan harus menonton seri yang pertama ini, karena apabila agan menonton langsung nonton seri 2 nya dijamin malah bingung, ga jelas nontonnya dan ceritanya.

Film dimulai dengan menampilkan 3 anak perempuan yang sedang bermain rumah-rumahan, dan tiba-tiba mereka menatap seseorang yang datang, dan anak-anak tersebut seperti disuruh, segera berdiri dan berjalan menuju jendela, mereka lalu loncat bersama bunuh diri dari jendela tersebut.

Setting film pindah ke Kota London, di tahun 1800an, adalah seorang Arthur Kipps tokoh utama film ini, diceritakan akan dtugaskan bossnya di dalam firma untuk mengurus Warisan Alice Drablow yang berada di rumah Eel Marsh di Glifford Arms, jauh dari London. Pekerjaan ini harus dilakukan Kipps karena ini adalah kesempatan terakhir Kipps untuk bekerja di firma tersebut.

Kipps juga harus meninggalkan putra satu-satunya untuk melaksanakan tugas ini, ia meninggalkan anaknya ke pengasuh karena istrinya yang ia cintai meninggal saat melahirkan putranya.

Perjalanan ke Glifford Arms pun dimulai, saat di kereta ia bertemu dengan Samuel Daily yang akan memberi tumpangan menuju Hotel setempat. Perjalanan ini tidaklah mudah di hari pertama pun Kipps sudah kesulitan menemukan penginapan, dia terpaksa harus menginap di loteng penginapan karena sang punya penginapan tadinya tidak bersedia memberi penginapan untuk Kipps. Loteng kamar itulah dimana ketiga anak perempuan yang diceritakan di awal film melakukan bunuh diri dengan melompat dari jendela.

Paginya Kipps pun seolah sudah diusir dia meminta Dokumen kepada Jerome dan menurut Jerome dokumennya sudah siap semua jadi Kipps tinggal pulang saja, bahkan Jerome sudah menyediakan kereta kuda untuk pulang ke stasiun, tetapi Kipps menolak dan menyuruh kereta kuda menuju rumah Eel Marsh dan membayar mahal untuk pergi kesana.

Menuju Eel marsh adalah melewati jalan setapak yang sepi, dan sebelum menuju rumah tersebut terdapat salib besar di rawa yang menandakan ada yang meninggal disana, Rumah Eel Marsh begitu besar dan menyeramkan tetapi Kipps memberanikan diri untuk masuk dan mencari dokumen yang ia butuhkan.

Berada dirumah besar menyeramkan sendirian bukanlah hal yang aneh kalau tidak ada bunyi-bunyian yang menggangu, Kipps pun memriksa loteng kamar karena banyak bunyi-bunyian diatas, Kipps tidak menemukan apa-apa diatas melainkan seekor gagak yang berada di kamar, bermaksud mengeluarkan gagak itu dari kamar, Kipps melihat ke luar ke bawah, ada seorang wanita berbaju hitam menatapnya dari jauh.

Kipps segera keluar dan mencari sang wanita ini, tapi tampaknya Kipps tersesat dirawa-rawa dan dia melihat ada sebuah kereta kuda yang kecelakaan terjebak di rawa-rawa, tampaknya Kipps melihat peristiwa masa lalu saat Drablow dan anaknya mengalami kecelakaan tenggelam di rawa-rawa.

Kipps kembali ke desa dan melapor kepada kepolisian setempat soal wanita berbaju hitam dan kecelakaan di rawa-rawa tersebut, pada saat sang polisi pergi datang 3 anak yang kecil yang membawa anak perempuan yang sakit, anak perempuan itu mati memuntahkan darah di pangkuan Kipps.

Keesokannya tampakanya penduduk desa memusuhi Kipps terutama mereka yang mempunyai anak, Kipps dianggap yang menyebabkan kematian anak perempuan yang berada di kantor polisi. Bahkan perjalanannya ke rumah Eeel Marsh di hadang penduduk desa, Samuel menolong Kipps menerobos penduduk desa tersebut untuk mencapai rumah Eel marsh.

Kipps pun kembali mencari dokumen-dokumen yang ia cari, masih banyak gangguan-gangguan dari rumah tersebut saat ia membaca-baca dokumen Drablow, bahkan Kipps harus keluar rumah untuk mencari penggangunya. Di luar rumah ia menemukan beberapa kuburan termasuk kuburan adik Alice Drablow yakni, Jennet Humfrye. Kipps kembali ke rumah betapa kagetnya Kipps saat mendongak melihat rumah kembali dia lihat wanita berbaju hitam itu di jendela loteng menatapnya, Kipps segera menuju loteng tersebut tetapi disana kosong tidak ada siapa-siapa, tetapi tanpa diketahuinya sebenarnya sosok itu ada disamping Kipps.... Hiii...



Dikamar itu ia menemukan surat-surat dari Jennet, dari surat tersebut terkuaklah sebenarnya misteri dari wanita berbaju hitam itu, Jennet adalah adik dari Alice Drablow, dimana Alice mendapat hak adopsi dari anaknya, dikarenakan menurut pengadilan Jennet dianggap tidak mampu menjadi orang tua. Pengadopsian anak ini yang membuat Jennet merasa dendam pada Alice, dia marah karena Alice pun melarang bertemu anaknya bahkan tidak diberikan izin untuk memberikan kartu ucapan selamat ulang tahun. Jennet makin dendam pada Alice karena kejadian kecelakaan suaminya di rawa-rawa yang mengakibatkan anaknya ikut meninggal tenggelam, ia menyebutkan Alice hanya menyelamatkan dirinya sendiri dan juga tidak memberikan dia penguburan yang layak buat anaknya. Jennet akhirnya melakukan bunuh diri dengan gantung diri di kamarnya.

Hari ini Kipps terpaksa menginap karena hujan besar, dan malam itu sudah tentu menjadi terror bagi Kipps, dia bertemu dengan arwah anak-anak yang meningal, dan lain-lain, bahkan ia kembali bertemu dengan wanita berbaju hitam, kata-kata gak cukup buat mengungkapkna keseruan di bagian film ini :) .
Besoknya Kipps kembali ke pedesaan dan baru sampai desa ternyata terjadi sebuah kebakaran di sebuah rumah, para penduduk desa berusaha mematikan api, dan tampak ada orang tua suami dan istri yang menangisi rumah mereka, sang ayah berusaha masuk kembali ke rumah yang terbakar tetapi ditahan oleh orang-orang seakan-akan ada orang yang masih tertinggal disana. Kipps langsung turun dari mobil dan langsung masuk kedalam ruamh yang terbakar mencari seseorang disana. Didalam ruangan yang terbakar dan terkunci, Kipps menemukan seorang anak yang sedang memegang lampu minyak, Kipps hendak menolongnya tetapi anak tersebut menengok sesosok bayangan di sampinganya, Kipps kaget ternyata orang tersebut adalah wanita berbaju hitam. Anak tersebut kemudian mengangkat lampu minyak tersebut dan memecahkannya ke bawah dan segera membakar dirinya sendiri.

Besoknya, istirnya Samuel memberitahu Kipps bahwa setiap penampakan wanita berbaju hitam akan membawa kematian pada seorang anak, karena Kipps sudah melihat wanita itu dua kali maka sudah dua anak yang meninggal karenanya. Istri Samuel menceritakan sudah banyak anak yang meninggal karena wanita ini, dan diceritakan balik setiap kematian anak selalu disertai penampakan wanita berbaju hitam. Istri Samuel kemudian kerasukan arwah anaknya dan menggambar kereta dan seoarang ank kecil. Kipps tahu maksud gambar itu yakni anaknya Joseph yang memang sedang akan datang menyusul ayahnya ke desa itu, menggunakan kereta.

Sam dan Kipps segera mencari telegram ke desa-desa untuk menghentikan datangnya Joseph anaknya ke desa tersebut. cuman sayang semua telegram didesa itu sudah tutup dan sudah tak sempat mereka menuju desa lainnya, jadi Kipps memutuskan untuk kembali ke Eel Marsh dan ingin menemukan mayat anaknya Jennet  yang tenggelam untuk dipertemukan dengan Jennet Humfrye ibunya.

Sam dan Kips segera ke tanda salib di rawa-rawa di Eel Marsh, dan Kipps menyelam ke rawa-rawa untuk menemukan mayat anak Jennet, setelah lama mencari akhirnya Kipps pun menemukan mayat anak tersebut dan segera membawanya ke rumah Eel Marsh.

Rencana Kipps, simple yakni menemukan arwah Jennet atau wanita berbaju hitam tersebut dengan mayat anaknya yang sudah dibungkus di kamarnya. Kipps menyalakan semua mainan di kamar dengan harapan memancing wanita berbaju hitam itu datang dari lorong, sementara Samuel malah pergi mengejar bayangan anaknya Nicholas,

Akhirnya Jennet pun datang dengan menyeramkan dan mengambil anaknya yang dibaringkan Kipps di tempat tidur, Kipps hanya tertegun melihat kejadian ini.
'Kurasa dia sudah pergi" kata Kipps kepada Samuel


Mereka kemudian keluar dan membongkar kuburan Jennet, dan memsukkan mayat anaknya, untuk dikubur bersama dalam satu peti.

Cerita tampaknya berakhir disini, tapi bukan cerita horror kalau berakhir happy ending ,, hehe :)

Sam dan Kipps pun akhirnya menjemput Joseph anak Kipps di stasiun, anaknya dan pengasuhnya tiba dengan senang, tetapi Kipps meminta pengasuh untuk segera membeli tiket pulang dan kembali ke London.

Selagi pengasuh membeli tiket dan Sam mengobrol dengan Kipps, Joseph melihat sesuatu dan melepaskan pegangan tangannya dari ayahnya. Selesai berjabat tangan Kipps menengok ke arah lain dan melihat Jennet si wanita berbaju hitam ada disana, dan dia segera melihat anaknya yang sudah berjalan di rel kereta dan menuju datangnya kereta yang sedang datang ke stasiun. Kipps segera berlari kearah Joseph untuk menyelamatkan anaknya namun kereta sudah terlalu dekat bagi mereka berdua.

Seiring dengan lewatnya kereta Sam yang berada di pinggir stasiun hanya bisa terpana melihat Joseph dan Kipps, ia melihat sekelebat kumpulan anak-anak yang sudh meninggal di bayangan kereta dan diakhiri dengan bayangan Jennet.

Kipps terbangun bersama anak nya Joseph di pinggiran rel, Kipps memanggil Sam tetapi stasiun sudah sepi, dan ada seorang wanita berbaju putih disana," siapa wanita itu ayah..?" tanya Jospeh, Kipps menoleh dan lama kemudian menjawab " that's your mommy .." jawab Kipps, Akhirnya mereka pun tersenyum dan berkumpul kembali menjadi keluarga dan berjalan menuju kabut. Jauh disana Jennet si wanita berbaju hitam menatap mereka.

Ending yang menakjubkan... keren..

My Rating

Story: ****
Fright: ****
Gore: *
Overall: 4/5

Tonton Online:
The Woman In Black - Link 1
The Woman In Black - Link 2

Sinopsis The Woman In Black Sinopsis The Woman In Black Reviewed by anatama2104 on 2:38 PM Rating: 5

3 comments:

300 kedua
Powered by Blogger.