Sinopsis Hereditary 2018

Sinopsis Hereditary 2018




Sinopsis :

Sebuah keluarga kecil yang kehidupannya mulai terusik oleh adanya sisi gelap dari garis keturunan mereka, dimulai disaat sang nenek meninggal dunia. Sang Ibu, Annie merasa bersalah karena memulai sebuah ritual yang berbuntut panjang yang dapat membuat anaknya terancam kehidupannya, ia berusaha meyakinkan suaminya bahwa ia tidak sakit dan memang ada sesuatu yang bisa menjadi akhir dari keluarga kecil mereka.

Spoiler :

Disebuah rumah yang agak terpencil hiduplah sebuah keluarga kecil, yang terdiri dari ayah, ibu, dengan dua anaknya laki dan perempuan. Di awal cerita diceritakan keluarga tersebut sedang mengalami duka yakni meninggalnya nenek, ibu dari sang ibu,

Annie sang ibu, memberikan kata-kata terakhirnya tentang sang nenek di podium dia mengatakan bahwa semasa ibunya hidup, dia adalah seseorang yang banyak menyimpan rahasia, termasuk teman rahasia, ritual-ritual upacara rahasia dan kecemasan-kecemasan yang disembunyikan. Sementara Amy menceritakan tentang kehidupan ibunya dimasa hidup, sang anaknya yang perempuan yakni Charlie, terlihat cuek dengan suasana duka tersebut dia malah menggambar dan memakan coklat. Coklat adalah makanan favoritnya tetapi harus yang tidak ada kacangnya karena Charlie alergi akan kacang.

Setelah sampai rumah, dari acara pemakaman tersebut, keluarga kecil itu pun kembali melakukan hal-hal seperti biasanya, sang ibu, Annie kembali bekerja membuat maket-maket atau model-model  rumah beserta isinya, hanya Charlie lah yang tampaknya merasa sedih kehilangan neneknya, tapi ada pertanyaan aneh dari Charlie yang menanyakan siapakah yang akan menjaga dia apabila ibunya mati.
Sambil memperhatikan Charlie yang tampak sedih, Annie melihat sebuah tulisan kecil di tembok dekat ranjang Charlie, tulisan itu adalah satony.
Setelah menemani Charlie tidur, Annie menemukan sebuah buku yang idalamnya ada catatan dari ibunya untuk dirinya yang mengatakan bahwa ia meminta maaf kepada Annie atas segala yang tidak dia katakan pada Annie, Annie dilarang membencinya karena pengorbanan mereka kelak akan berharga pada akhir nanti, setelah membaca tulisan tersebut Annie hendak pergi meninggalkan ruangan tapi dia melihat ibunya berdiri disana, di tempat gelap, tetapi dia menghilng setelah Annie menyalakan lampu.
Seminggu setelah Ibu Annie meninggal, Anni melihat kamar ibunya terbuka dan ada gambar segitiga di tempat tidurnya, dia menyangka bahwa suaminyalah yang membuka kamar tersebut. Beberapa saat kemudian sang ayah, Steve, mendapatkan telepon dari pemakaman  dan dibetitakan bahwa makam sang nenek telah ternodai, pada saat itu sang ayah tidak mengerti maksud dinodai itu apa.
Selanjutnya , Annie meminta izin suaminya untuk menonton bioskop, tetapi ternyata dia berbohong, dirinya tidak menuju ke bioskop melainkan Annie menghadiri sebuah pertemuan atau komunitas yang membicarakan masalah kehilangan seseorang yang dicintai.
Disana Annie berbicara tentang kehidupan ibunya dulu, dimana sang ayah Annie telah meninggal dunia sejak Annie masih bayi dan juga kakaknya yang meninggal gantung diri di kamar ibunya dan menyalahkan ibunya karena membuat dirinya kerasukan.
Annie juga bercerita bahwa sebelum ibunya meninggal, ibunya pindah ke rumah Annie, mereka tidak akur sehingga suami Annie melarang mereka berdua saling kontak, sampai Charlie lahir, karena anak pertama Annie yakni Peter, dilarang diasuh oleh Ibunya Annie maka Annie membiarkan ibunya mengasuh Charlie, sehingga mereka berdua sangat akrab dan membuat Annie jadi marah.
Keesokan harinya Peter mendapatkan sms undangan pesta dari temannya, Peter meminta izin kepada ibunya untuk meminjam mobil tetapi Annie menyuruh Peter untuk membawa Charlie ikut ke pesata tersebut, sementara pada saat itu Charlie keluar menuju sebuah lapangan yang dia lihat neneknya sedang duduk di sebuah lingkaran api, beberapa saat kemudian Annie datang menarik Charlie masuk kembali kerumah dan mengharuskan Charlie ikut bersama Peter ke pesta.
Di pesta tersebut tentu saja tidak ada anak yang seumuran Charlie, sehingga Charlie pun terpaksa ditinggal sendiri oleh Peter yang akan nongkorng bersama teman-temannya, Charlie ditunjukkan oleh Peter untuk makan kue coklat yang merupakan salah satu kegemaran Chalie, sayangnya Peter tidak tahu bahwa Kue Coklat tersebut terdapat kacang-kacang didalamnya dan Charlie alergi terhadap kacang.
Tidak beberapa saat kemudian, Charlie menyusul Peter yang sedang asyik merokok ganja, Charlie berkata bahawa dia sulit bernafas dan tenggorokannya seperti semakin besar. Peter segera berlari menggendong Charlie ke mobil dan hendak membawanya ke rumah sakit.
Charlie duduk dikursi belakang, Peter segera ngebut ke rumah sakit, sayangnya di tengah perjalanan malam tersebut, di dalam mobil Charlie makin tidak bisa bernafas, Charlie panik ingin bernafas, ia membuka jendela kaca mobil dan mengeluarkan kepalanya untuk bernafas, Peter kaget dia menengok ke Charlie sebentar sebelum menyadari bahwa mobilnya hendak menabrak bangkai rusa, dalam keadaan ngebut Peter pun membanting stir kekanan menghindari bangkai rusa, mobil tergelincir ke samping dan malang untuk Charlie kepalanya terantuk tiang listrik sampai kepalanya terputus. Setelah mobil berhenti menggelincir, Peter menyadari apa yang telah terjadi, dia hanya diam sambil matanya menangis, Charlie telah mati terpenggal !.
Entah mengapa tetapi Peter malah menlajutkan perjalanan ke rumah dan membiarkan kepala Charlie disana, sesampai rumah Peter langsung masuk kerumah dan keesokan harinya barulah terdengar jeritan histeris dari Annie meraung-raung meratap kematian Charlie yang tragis, bahkan kepala Charlie yang terpenggal ditemukan sudah di kerubuti oleh semut-semut.

kepala charlie

Tidak disebutkan berapa lama mereka berkabung, hanya saja Peter pernah terlihat tampak kerasukan disekolahnya saat dia menghisap ganja, dia merasa tenggorokannya membesar seperti Charlie sebelum dia meninggal.

Annie pun berusaha menyembuhkan kesedihannya dengan berusaha kembali ke pertemuan yang pernah ia hadiri, tetapi dia mengurungkan niatnya setelah sampai disana, disaat Annie hendak berputar balik dia di stop oleh seorang wanita bernama Joan, Joan juga menceritakan bahwa dia juga kehilangan anak dan cucunya, jadi dia mengerti apa yang Annie rasakan, lalu diapun memberikan alamat rumahnya, siapa tahu Annie butuh teman untuk berbincang-bincang.

Beberapa hari kemudian pun, Annie memutuskan untuk mengunjungi Joan, di depan apartemen Joan, terdapat keset renda bertuliskan Joannie, Annie mengatakan pada Joan bahwa ibunya juga sering membuat keset seperti itu.

Kepada Joan, Annie bercerita tentang jenazah Charlie, dan menceritakan hubungannya dengan anaknya Peter dan juga kebiasaan buruk berjalan sambil tidur dirinya, beberapa tahun yang lalu, Annie pernah berjalan tidur dan menghampiri kedua anaknya yang juga berjalan tidur juga, mereka bertiga berlumuran dengan thinner chat, dan Annie membawa korek yang sudah menyala, tiba-tiba Annie dan Peter terbangun dari tidurnya dan panik, dan Annie langsung mematikan koreknya, Annie meyakinkan Joan bahwa itu adalah kejadian aneh yang menimpa mereka karena mereka berjalan tidur bersamaan. 

Di malamnya saat makan malam terjadi pertengkaran anatara Annie dan Peter, Annie melupakna kekesalannya selama ini karena merasa Peter bertanggung jawab atas kematian Charlie, tetapi Peter pun tidak begitu saja mau disalahkan, karena memang Charlie tidak mau pergi ke pesta bersama dirinya. Pertengkaran ini terpaksa dihentikan sang ayah dan Annie meninggalkan sang ayah dan Peter berdua di meja makan.

Beberapa hari kemudian Annie bertemu Joan di parkiran supermarket, Joana tampak beda dia begitu bahagia, dia menceritakan ada sesuatu yang terjadi pada dirinya dan membuatnya merasa lega, dia menceritakan bahwa Joana beretemu dengan seorang perantara arwah, dan dari perantara tersebut Joana bisa bertemu dengan cucunya, dia bisa mendengar suaranya dan bisa merasakan kehadirannya di ruangan tersebut.

Annie yang sangat berpikiran logis tentu saja tidak percaya akan hal ini, tapi Joana mengajaknya pergi ke apartemennya untuk membuktikannya.

Annie pun pergi bersama Joana ke apartemennya, setelah di dalam Joana langsung menyalakan lilin dan mematikan lampu, kemudian memanggil arwah Louis cucunya, arwah cucunya pun hadir dengan cara menggerakkan gelas yang dipegang Joana, Annie tampak begitu ketakutan, dia melihat Joana dan Louis berkomunikasi lewat papan tulis kecil.

Annie begitu ketakutan apalagi pada saat ada hembusan angin menghembus kepalanya, dia ingin Joana menghentikan upacara pemanggilan arwah ini, Joana pun menghentikannya. Dengan ketakutan Annie pamit kepada Joana tetapi sebelum pulang Joana memberikan sebuah kertas berisi mantra, yang harus dibaca oleh Annie untuk pembukaan upacara, apabila ia hendak mencobanya di rumah, dia harus membaca mantra itu dengan hati-hati, dan membawa barang milik Charlie dan juga seluruh keluarganya hadir dalam acara pemanggilan arwah tersebut.

Annie pun pulang dengan rasa campur aduk, ketakutan, pengharapan dan rasa bersalah.

Dimalam harinya pada saat hendak tidur ia melihat banyak semut di kasur dan temboknya, dia mengikuti arah semut itu datang, ternyatasemt itu berasal dari kamar Peter, dan kagetlah Annie saat melihat muka Peter dikerumuti oleh semut bahkn dari mulutnya pun keluar semut, tiba-tiba Peter membangunkannya

“apa yang sedang ibu lakukan ?”

Annie kaget ternyata dia berjalan sambil tidur lagi, disaat itu juga Annie menjelaskan pada Peter bahwa dulu ia tidak menghendaki Peter, ia berusaha menggugurkan kandungannya bagaimanapun caranya, teatapi gagal, tentu saja ini membuat Peter menangis, dia bilang Ibu hendak membunuhku dan kobaran api menyelimuti Annie dan Peter.

Annie, terbangun dari tidurnya, ternyata semua ini hanya mimpi.
Sebangun dari mimpi, Annie membangunkan Peter dan suaminya Steve, untuk melakukan upacara pemanggilan arwah, Annie telah membacakan manteranya terlebih dahulu sebelumnya, tentu saja sang ayah menolak melakukan upacara ini, tetapi Annie terus memaksa dan mekasa dan akhirnya mereka berdua mau menuruti permintaan Annie.

Pada awalnya semua berjalan lancar, gelas yang dipegang mereka bertiga bergerak seperti yang terjadi pada Joana juga, tapi kejadian ini lama kelamaan membuat takut Peter dan Steve, tiba-tiba api di lilin membesar dan mati, kemudian menyala kembali. Steve melihat ada sesuatu yang terjadi pada Annie, dia tampaknya terasuki arwah Charlie, Charlie berteriak-teriak mencari ibunya. Peter mulai menangis keras, keadaan semakin kacau, Arwah Charlie berteriak-teriak melalui badan Annie. Tiba-tiba Steve datang dan menyiram Annie dengan air, Annie segera tersadar dari kerasukannya.

Annie kaget melihat apa yang terjadi, Annie menanyakan apa yang terjadi dia menatap Peter yang terus menangis.

Setelah kejadian pemanggilan arwah ini, keluarga mereka menjadi tidak sama lagi, Peter bahkan merasa diancam oleh arwah pedendam di sekolahnya, Steve tentunya menuduh hal ini gara-gara Annie yang melakukan upacara tersebut, Annie mengamuk semua pekerjaan pembuatan model rumahnya ia hancurkan. 

Dirumah peter pun mengalami terror, selagi tidur dia terbangun seakan-akan ada yang menatapnya dan benar, di salah satu sudut kamarnya dia melihat Charlie, tak lama kemudian kepala Charlie copot dan menjadi bola, setelah itu tiba-tiba ada tangan yang muncul dan hendak mencopot kepala Peter.

Peter berupaya melepaskan diri, dan setelah sadar Ibunya ada disana, ia menyangka bahwa Annie lah yang hendak menyakitinya, Annie mengatakan bahwa ada sesuatu yang terjadi di rumah itu, karena Annie lah yang memulai hal ini dia percaya bahwa hanya dia sajalah yang bisa menyelesaikan masalah ini.

Annie yang percaya bahwa ada arwah Charlie yang marah di rumah itu mengambil buku gambar Charlie yang didalamnya terdapat gambar muka-muka dari Peter, lalu berusaha membakarnya di perapian, selagi buku itu terbakar tenryata tangan Annie pun ikut terbakar, Annie kaget.

Dia kembali mengambil buku yang terbakar itu dan memdamkan apinya, setelah padam api di tangannya pun ikut padam.

Keesokan pagi harinya, Annie menuju apartemen Joan untuk menanyakan hal ini, sayangnya Joan tidak ada disana, rumahnya kosong, yang tidak diketahui oleh Annie adalah, ruangan Joan seperti sebuah tempat pemujaan dan ditengah meja terdapat gambar segitiga dan foto besar Peter berada ditengahnya. 

Ternyata Joan ada di sekolah Peter, dia seperti mengucapkan mantera pada Peter.
Annie yang curiga dengan keset yang dibuat ibunya untuk Joan segera kembali ke rumah dan membuka semua barang-banrg milik ibunya, dia menemukan sebuah buku yang berisi semacam pemujaan pada sebuah setan bernama Raja Paimon, di buku tersebut dijelaskan cara memanggil Raja Paimon dan memasukkannya ke dalam tubuh seseorang yang berjiwa rapuh karena Raja Paiomon adalah laki-laki maka ia akan mencari tubuh atau wadah lelaki.

Kemudian Annie menemukan album foto disana banyak foto ibunya yang seperti dilakukan seperti Ratu oleh sebuah komunitas semacam pemujaan, dan Joana ada di dalam album ibunya, ternyata Joana adalah teman lama Ibunya.

Karena semakin curiga dengan ibunya yang terlibat sesuatu, Annie memutuskana mencari  barang lain di loteng dan terkejutlah dia ternyata di lotengnya terdapat sebuah mayat, itu adalah mayat ibunya yang tanpa kepala. Itu menjelaskan rusaknya makam ibunya yang hanya diketahui oleh suaminya.

Sementara di sekolah, Peter yang sedang belajar tiba-tiba seperti kerasukan, dia kejang-kejang dan kemudian menghantamkan kepalanya sendiri ke meja dia duduk, Peter tersadar dan berteriak-teriak, teman-temannya yang melihat kejadian ikut histeris.

Ayahnya pun menjemput Peter dari sekolah, sesampai dari rumah Steve langsung dicecar oleh Annie untuk mengecek mayat yang di Loteng, Steve yang permulaan tidak percaya bahwa ada mayat dia loteng akhirnya percaya bahkan menuduh Annie lah yang membongkar kuburan Ibunya.

Tentu saja Annie membantahnya, dia mengatakan bahwa ini semua ada hubugannya dengan Joan, yang pura-pura tidak mengenalnya dan membujuknya untuk melakukan upacara pemanggilan arwah di rumahnya, Annie percaya bahwa sekarang rumah mereka dikutuk dan percaya ada sesuatu di rumah itu dan mengincar Peter.

Annie lalu menjelaskan buku gambar yang digunakan sebagai penghubung anatar Annie dengan pemanggilana arwah Charlie yang apabila dibakar maka Annie pun ikut terbakar, dia meminta Steve untu peracaya padanya abahwa ia harus menghancurkan buku tersebut untuk menyelamatkan Peter.

Annie terus memaksa Steve untuk membakar buku tersebut, karena Annie terlalu takut untuk membakarnya, dia tahu dia yang salah oleh karena itu dia ingin memperbaiki kesalahannya demi keselamatan Peter.

Annie lalu menyiram bukunya dengan bensin, dan mengatakan salam perpisahan pada suaminya karena dia tahu apabila buku itu terbakar maka Annie akan ikut terbakar, tetapi di saat akhir Steve menolak untuk membakar buku tersebut, Annie pun merebut buku tersebut dan melemparkannya ke perapian, tetapi kagetlah dia, ternyata bukan dirinya yang terbakar tetapi suaminya Stevelah yang terbakar !

akhir hidup dari sang ayah, Steve

Annie shock melihat suaminya terbakar hebat tetapi beberapa saat kemudian tiba-tiba dia diam seperti kerasukan sesuatu.

Sementara itu Peter, baru siuaman dari pingsannya, ia mencari Ayah dan Ibunya, ada sesuatu yang tidak beres, dia bisa merasakan keheningan di rumahnya, ia pun berjalan perlahan mencari mereka, dan di lantai bawah di depan perapian ia menemukan mayat ayahnya yang hangus terbakar, Peter menangis tanpa suara, tanpa disadarinya dibelakangnya di atap rumah ibunya tampak melayang, 

Peter lalu melihat kesamping ada sesosok laki-laki telanjang yang menatapnya.

Peter menoleh ke atap, dan ibunya sudah tidak ada disana, ia di belakang Peter, dan langsung mengejar Peter, Peter pun langsung lari menyelamatkan diri, Peter berlari menuju loteng yang terbuka.

Dikuncinya pintu loteng dimana ibunya dibawah menghantam-hantamkan kepalanya untuk mencoba masuk.

Di loteng Peter menemukan tempat dimana mayat neneknya berada tetapi mayatnya sudah tidak ada disana, yang ada hanya foto dirinya dengan matanya yang sudah dilubangi, ia menoleh ke atap loteng, ia melihat ibunya sedang melayang dan seperti menusuk-nusukkan sesuatu ke lehernya, darah memuncrat dari lehernya, tak lama kemudian Peter melihat kesampingnya, dia melihat tig sosok manusia, salah satunya neneknya mereka bertiga telanjang.

Peter langsung meloncat ke bawah melalui jendela loteng.

Dibawah, tubuh Peter tergeletak tampak ada sinar kecil masuk tubuhnya, peter bangun dan melihat mayat tubuh ibunya melayang ke rumah pohon milik Charlie.

Peter berjalan perlahan menuju rumah pohon, sepenajang perjalanan ada tiga manusia yang telanjang, Peter menaiki rumah pohon. Di dalam rumah pohon sudah terdapat banyak orang yang kebanyakan telanjang dan berposisi menyembah, mereka menghadap sebuah patung raja, diantara orang-orang tersebut terdapat mayat neneknya yang terpenggal dan tubuh Charlie yang juga terpenggal tubuh mereka tampak juga sedang menyembah.

Salah seorang wanita menaruh mahkota raja di kepala Peter, dan kemudian ada suara neneknya berbicara, 

“tidak usah takut, Charlie ..” 
Charlie, ya , ternyata sinar kecil yang masuk tubuh Peter adalah arwah Charlie yang masuk ke tubuh Peter yang kemungkinan mati karena loncat dari loteng.

“kau baik-baik saja sekarang ..”

“ kau adalah Paimon, salah seorang raja dari delapan raja neraka “

“kami telah mengkoreksi tubuh wanita pertamamu dan memberikan tubuh laki-laki yang sehat ini”

Mereka semua adalah para pemuja sesat dan telah berhasil menghidupkan kembali salah satu dari raja neraka, King Paimon !


Sinopsis Hereditary 2018 Sinopsis Hereditary 2018 Reviewed by suneo_ganteng on 2:19 PM Rating: 5

No comments:

300 kedua
Powered by Blogger.